Friday, December 12, 2008

Do not compare.

Hari ini gw terlibat dalam sebuah conference chat di msn sm 9 orang temen lama. Cewe semua! Seruuuuuuuuuu....... Kebayang dong gimana hebohnya. Update kabar masing2, sharing, plus ga lupa bergosip ria. Mana baweeeeeeellllll banget semuanya, yang satu belom selese ngetik yang lain udah nimpalin duluan, ampe harus scroll back terus deh krn udah tumpang tindih. Lieur..... hahahah...
Dari semua yang kita bahas, ada satu hal yang bener2 menggelitik gw dan pengen aja tulis di blog. Dan pengen nanya aja pendapat yang baca... :)

Jadi ceritanya gini...
Seorang cewek, sebut aja namanya Prita, curhat kalo dia ga pernah bisa jadi dirinya sendiri sejak pacaran sama seorang cowok, sebut aja Andrew. Yang aneh, ga bisa jadi dirinya sendiri itu bukan karena Andrew minta dia berubah macem2 tapi karena dirinya sendiri.
Dia ngerasa sangat insecure dan jadi krisis percaya diri gitu, gara2 mantan pacarnya Andrew (menurut dia) super oke berat, dan dia ngerasa kebalikannya.

Heran gw... Padahal, in my opinion, si Prita ini adalah cewek yang menarik luar-dalem. Walaupun kulitnya ga seputih model2 iklan kosmetik di majalah2 ato ga setinggi dan sesexy Gisele Bundchen, but she has a great smile and a great personality too!! Menurut gw dia punya sejuta kelebihan yang bikin dia lebih cantik & menarik dibanding cewek2 cantik yang cuma cantik aja. Orangnya ramah dan humble banget, rajin sholat, smart, cheerful & senyuuuuuuuuuuuummmmmm terus. Selama kenal dia, gw hampir ga pernah liat dia bete pokoknya! Kalo bete-pun ga nular kemana2. Pokoknya oks bgt deeeehhh.....
Tapi sekarang kayaknya yang bisa ngeliat semua kelebihannya itu semua orang kecuali dirinya sendiri! She's changed, nggak se-confident Prita yang gw kenal dulu. 

Gara-garanya ini...
A few months ago, she hooked up with a gorgeous (and rich) man, yang menurut kabar burung pokoknya cowok ini the most eligible bachelor you can imagine deh. Truuuuuus sebelum pacaran ma Prita, cowok ini pernah pacaran lumayan lama sm seorang model yg lagi hip & happening di Jakarta. Beh! 
Jujur aja gw agak2 ngerti sih gimana rasanya jadi Prita. Sebagai cewek normal, haha, dulu gw pernah ngerasa insecure bgt karena pernah pacaran sm cowok mantannya Marshanda. Marshanda!!!!!! Dibanding gw!!!!!!! Halooooooooooooo?????????? Huhuhuhuhuhu.....
Tapi untungnya waktu itu gw pacarannya ga lama2 sama ni cowok, jadi setelah putus sm dia ya gw terbebas dari perasaan insecure dan kembali hidup legaaaa.. hehehehe..
Nah kalo si Prita ini ekstreme bgt. Dia merasa, physically, tidak ada apa2nya dibanding mantan pacar Andrew yang seorang model itu. Padahal seperti yg tadi gw bilang, si Andrew tidak pernah sekalipun ngebandingin dia dengan si mantan ato nyuruh dia berubah.
Yang awalnya insecure, mulailah dia berubah.
Dari mulai berusaha temenan sama anak2 gaul, jadi mulai clubbing2 padahal tadinya males, jadi mulai KUDU ke salon tiap hari buat cuci-blow huhuhu boros bgt yaaaaaaa, jadi pake baju2 yang terbuka gitu biar keliatan seksi, jadi maksa2 orangtuanya buat beliin barang2 bermerk biar gaya, dan banyak lagi lah, ga usah gw sebutin satu2 juga. Dan setelah semua ini berlangsung berbulan2, dia mulai ngerasa capek dengan apa yang dia jalanin, padahal dia sayang banget sama si Andrew itu. Tapi di sisi lain, dia ga bisa juga berhenti jadi someone she's not yang menurut dia udah jadi sebuah kebiasaan. Dia takut kalo dia kembali jadi dirinya, Andrew bakal ninggalin dia. 

Ocehan kami2 ternyata ga mempan juga untuk merubah cara berpikir dia. Padahal secara logika, Andrew pasti jatuh cinta sama Prita tanpa embel2 semua itu kan, secara pas Andrew nembak dia, dia masih Prita yang ramah & humble itu. Bukan Prita yang hedonis seperti sekarang, huhuhu. 
Emang cinta itu bisa bikin orang jadi hilang akal sehat ya. How I wish Prita bisa ngeliat semua kelebihan2nya yang lain dan bersyukur dengan dia apa adanya dan ga usah berusaha jadi orang lain!! Seriously... Kalo gw cowok gw mau bgt deh jadian ma Prita. Hahaha.. 
And how I wish she can ignore the ex gf. Kalo dipikir secara logis, buat apa juga ngebandingin dirinya dengan si mantan, iya gak? Walaupun si mantan emang super cantik lah, model lah, ato apa juga, toh intinya hubungan Andrew dengan si mantan gagal. There must be a good reason kenapa si Andrew jatuh cinta sama dia. 

It sounds very simple tapi buat yang lagi menjalani, semuanya jadi terasa complicated.
Any thoughts, anyone???

2 comments:

melur said...

hmmmm... perasaan prita (dan juga kelakuan yg menyertai setelah itu) udah kodrat manusia sih... kalau ada orang yg "lebih cantik, lebih pinter, lebih kaya..." pasti sedikit-banyak kita akan ngerasa minder dan kecil hati atau minimal kagum dan bertanya apa yaa yg bisa membuat dia seperti itu... apalagi kalau ternyata dia adalah mantan orang yg kita sayang... timbul pertanyaan: "akankah saya sebaik dia?"

gue sendiri pernah sih *curcol donk*
ngerasa jadi orang yg paling rendah di dunia ini karena diduain... gue marah lah tapi lebih ke bertanya2 emang gue kurang apa? kurang sayang/perhatian? kurang cantik? *maap deh tampang ini udah dari sononya* kurang pinter? (yang ini jadi garis besar) dan gue gila2an belajar, got straight a, but still, he left me...itu tidak membuktikan gue lebih baik dengan cewe tadi... tapi bukan berarti cewe tadi juga lebih baik daripada gue...orang punya kelebihan dan kekurangan masing2 kan (klise memang tapi nyatanya pelaksanaannya susah tuh!)

terakhir, sebenernya energi dan waktu dan uang yg digunain prita untuk berdandan dan hedon otherwise bisa dipake buat hal2 yang lebih bermanfaat dengan pacarnya; manfaatin waktu luang untuk nonton dan jalan2 atau beliin kado sebagai kejutan kecil yang manis ;) hehehe... just a thought...

Indah Puspita Rani said...

bener2.. orang kan ada lebih ada kurangg...

tapii.. gak smua orang bisa nunjukin yang lebih dan nutupin yang kurang dengan maniss... :P

ada orang bilang.. "kadang lebih baek kita gak terlalu tau tentang mantan si pacar"
sedikit bener.. sedikit salah..

tau mantan itu perluu.. paling tidak jadi tau.. pacar tuh dulu gimanaaaa.. bla bla bla... tapi gak segitu dalemnya tentang si mantannya itu gimana kan.. cukup dikit aja taunyaa.. yaa menghindari compare2an itu.. *biar aman di perasaan kitanya sih.. *

kalo pengalaman sihh..
pernah minderrr.. 5 bulan ato lebih yang lalu..
pas baru pisah ama seseorang..
pas bilang "mungkin kita bisa kayak dulu.. "
jawabannya "I don't think we can make that far.."
=S
ketolak kann.. mentah2...
abis kejadian itu.. gw malah nanya2 gw cantik gak sih? gw jelek yaa? gw kurang pinter ya? gw harus gimana ? dia sukanya cwek kayak apa sih?
cari2 ttg mantannyaa.. *ini malah gw yang cari gara2 yaa.. *
ternytaaaaaaaa....
gk dapet banyak.. cuma luarnya doank.. sampe akhirnya gw capek sendiri... liat cewek2 yang hubungan sama dia dulu.. temen2 SMA.. dan sebagainyaa.. awal2 kuliah gitu.. gak cantik2 amat *saahhh..*

jadi yaa.. bukan karena gw jelek jugaa..emang feelingnya dia ampe situ doank kali yaa.. percuma gw cantik2an buat dia..

dan ya sudahlah.. toh gw gak jelek2 amat.. masih banyak yang mau.. wehehehe *pedeee*