Tuesday, August 10, 2010

Maaf & Memaafkan.

Topik yg selalu muncul menjelang puasa & lebaran :)

Saya orangnya lumayan damai. Jarang nyimpen dendam, lebih sering lupa klo orang pernah bikin salah sama saya.. hehehe.. One of the advantages of being pelupa :p
Tapi ada juga kok beberapa kejadian2 yg pernah bikin saya kecewa banget & saya masih inget betul, kadang klo kepikiran jd bikin kesel.

Contoh : Sahabat yang dulu saya sayaaanggg bgt, hampir tiap hari main, pergi, nginep bareng, taunya belakangan ketauan dia sering "mempergunakan" saya untuk keuntungan2 dia sendiri, sampe waktu saya tau 'belangnya' itu saya speechless.. ga bisa ngomong apa2 dan nangis seada2nya di depan dia. Saya nggak lagi sahabatan dengan orang itu. Tapi hubungan kami juga nggak jd buruk. Occasionally curhat & say hi aja.. :)

Contoh lain : Saya dulu benci banget sm orang2 yg suka sok hebat pas SMA dan kerjaannya gencetin adek2 kelas (saya salah satu korbannya). Saya benci mereka yg suka ikut campur urusan pribadi orang dan mengatasnamakan 'solidaritas'.. yang punya masalah siapa, yang sewot siapa. Betenya waktu itu saya ngga punya masalah apa2 pula sama orang2 yg ngegencet saya itu! Saya digencet dengan alesan yg nggak jelas, dikepung rame2, bahkan ada yg nyolot banget sampe nempeleng kepala saya. Ga tau yah dia masih inget/ngga, tp kejadian itu 'dalem' banget buat saya. Kalo inget sampe sekarang suka kesel sendiri.. Tapi ya udah lah, mereka sendiri jg kalo inget kejadian itu paling malu sendiri. Hehehe..

Manusia ngga ada yg sempurna, tempatnya bikin kesalahan, itu yg selalu saya bilang ke diri saya sendiri. Toh saya sendiri sebagai manusia, constantly bikin kesalahan & pasti berharap untuk dimaafkan juga. Dan masalahnya, kekurangan setiap orang itu ngga sama. Si A misalnya kekurangannya mulutnya cablak & klo ngomong suka ngga liat situasi, si B misalnya telat muluuuu klo janjian bikin org rugi waktu. Saya sendiri orangnya super egois, mau menang sendiri, dan masih banyak lagi. Jadi rugi kalo saya masih nyimpen bete / kecewa sama orang2 yg pernah ngecewain saya. Mereka pasti ada pembelajarannya sendiri2, ngga ada orang yg bakal selamanya egois, selamanya sok hebat, dll.. Karena Allah pasti punya jalan untuk bikin mereka berubah.

No comments: