Saturday, October 18, 2008

Pregnancy tips. WARNING : GIRLS ONLY :)

The things listed below work really2 well for me. Just want to share a lil bit of info based on my own experience. Hope they can help in the future :)

- Tentang rasa mual.

Waktu yang umum untuk rasa mual ini adalah pada saat kita berada di trimester pertama, 1-3 bulan. Tapi perlu diinget bahwa setiap cewek berbeda. Ada yang mual2 nya baru dimulai waktu bulan ke-5 dan berlanjut sampe saat dia melahirkan. Ada juga yang mualnya terus-menerus selama 9 bulan.
Rasa mual yang diikuti dengan sakit kepala ini dikenal sebagai morning sickness. Well, I personally think the name is totally misleading. Seharusnya namanya dirubah menjadi all day sickness! Hehehe.. Bukan nakut2in kok. Tapi dari apa yang gue rasakan saat itu, rasa mualnya memang tidak hanya datang di pagi hari melainkan sepanjang hari. But don't worry karena kalo memang kita merasa rasa mual ini parah banget sedangkan kita termasuk cewek sibuk dengan banyak kerjaan yang membutuhkan konsentrasi, dokter bakal ngasih resep obat anti mual dengan kandungan dan dosis yang aman buat dedek bayi. ^^
Sebenernya orang2 di sekitar gue saat itu menyarankan untuk nggak mengkonsumsi obat mual ini, karena yang paling baik untuk janin sebenernya kita harus menghindari jenis obat apapun kecuali folic acid, vitamin untuk janin. Kalo untuk folic acid ini, nggak boleh terlewat! Lebih penting dari apapun!
Tapi berhubung saat itu gue lagi ngerjain fashion show dan rasa mual yang parah itu bikin gue ngga bisa kerja, gue terpaksa mengkonsumsi obat anti mual tersebut sampe kira2 usia kehamilan gue 3 bulan (memang batasnya). Lama-kelamaan, dokter akan mengurangi dosisnya, dari yang 1 tablet 3x sehari jadi setengah tablet 3x sehari.. Sampe kita bener2 bisa lepas dari obat tersebut karena memang mualnya udah mereda. Alhamdulillah sampe sekarang tidak terjadi apa2.
Perlu diinget bahwa obat ini bikin ngantuk! Jadi kita punya 2 pilihan sebenernya, mendingan mual ato ngantuk. Hehehe...

Buat gue pribadi, setiap rasa mual itu dateng, gue buru2 makan coklat and it helps. But again, it's different for everyone. Ada yang bilang kita bisa mengusir rasa mualnya dengan makan permen jahe. I tried that but it didn't help. Nyokap gue malah makan gula! Hehehe.. Jadi kita memang harus berusaha menemukan apa yg paling tepat buat mengurangi rasa mual tersebut. FYI, ini sama sekali ngga ada hubungannya sama ngidam. Huehuehue...
This is kinda important. Bakal sangat membantu kalo pikiran kita ikut kerja sama alias mualnya jangan terlalu di rasa2in.. pikirin yang happy2 aja. Denial seperti, "ah gue nggak papa kok", juga sangat membantu dan bikin kita bertahan.
Jangan terlalu memaksakan diri kalo emang kita rasa kita butuh istirahat sejenak. Jangan ragu2 buat nyimpen bantal di tempat kerja! Hihihi.. Orang hamil akan mendapat pengertian yang tak terbatas dari orang2 di sekitar... ;) Jadi kalo lagi istirahat lunch, kita bisa baring kepala sebentar di bantal, abis itu lanjut aktivitas lagi. That helps a lot!

- Tentang muka jerawatan.

Tenang... fase muka jerawatan ini juga cuma sementara ^^. Jerawat2 yang timbul karena hormon ini akan hilang dalam waktu beberapa bulan. Buat yang mukanya udah berminyak, penting untuk selalu sedia tissue/kertas minyak untuk nyerap si minyak berlebih di wajah, biar jerawat gak tambah banyak. Perlu dicamkan! Huhuhu.. Secapek, semual, semalem, sengantuk apapun, jangan males cuci muka!
Minum air putih yang banyak.
Rutin pake masker beras yang dibikin sendiri juga bisa dicoba supaya muka nggak terlalu berminyak.
Caranya :
Ambil 1 genggam beras, rendem pake air dalem mangkok selama 1 malem. Paginya bisa either di-ulek sampe cukup halus ato di blender. Paling enak sih di-ulek, karena hasil yang kita mau adalah masker beras yang tidak terlalu halus, kayak masih ada scrub2nya gitu, jadi kalo pake blender, harus selalu di-cek sebentar2 untuk melihat sudah seperti apa hasilnya.
Setelah masker udah cukup halus, taro di kulkas (bukan freezer) sampe dingin dan mengeras.
Pilih waktu yang paling enak untuk pake maskernya, cukup sehari sekali, bisa pagi, malem, kapan aja.
Setiap mau pake masker, tuangin sedikit air panas biar masker yg keras tadi agak meleleh bagian atasnya. Olesin ke muka sampe dia kering, cuci muka pake air anget deh.. Rasanya seger banget & memang bikin muka jd tambah bersih.
Semoga tips ini membantu :)

- Tentang sembelit.

Girls.. If u're pregnant, say hello to your new bestfriend, sembelit! Huehuehuheu.. ;p
Masalah ini memang masalah paling standard yang akan dialami oleh Ibu2 hamil, selama kehamilan mereka. Tapi bukan berarti nggak bisa diatasi kok.
Perangi dengan serat plus minum minimal 1 gelas air putih sebelum dan sesudah bangun tidur, sebelum kita minum/makan apa2 lagi.
What works for me so far is, natural prune juice.

Info ini gue dapet dari dokter saat gue udah mulai terganggu dengan si sembelit yang pernah parah banget sampe seminggu!
Kebayang nggak sih nggak nyamannya.... T_T
Dokter bilang, buah prune udah buah terbaik untuk mengatasi masalah sembelit.
Jangan tertipu, buah prune dan plum itu berbeda walaupun bentuknya sangat mirip! Mereka sama2 ungu dan sama2 terlihat seperti anggur raksasa. Tapi setelah masuk blender, prune akan menghasilkan lebih banyak serat (yang memang kita perlu! Jadi jangan disaring!) daripada plum yang akan menjadi sangat2 halus.
Di Singapore, buah ini agak meng-eksklusifkan diri dan cuma bisa ditemukan di market place. -_-"
Gue pribadi lebih prefer mengkonsumsi jus prune yang alami karena rasanya enak dan udah manis dari sananya.
Tapi kalo sekiranya bosen, kita bisa menggantinya dengan jus prune yang udah siap di konsumsi di botolan. Kalo ini, banyak dimana2 nggak cuma di market place. Tapi hati2 karena rasanya nggak seenak buah prune aslinya, alias asem buanget!!
Tambahin 1-2 sendok makan madu untuk ngurangin rasa asemnya.

- Tentang stretchmark.

Stretchmark (yang baru akan kelihatan setelah si baby lahir) ini adalah musuh besar kita cewek2, apalagi pencinta bikini! Hihihi.. Jangan terlalu santai dan do something untuk mencegahnya sedini mungkin!
Ada banyak krim2 stretchmark yang beredar di pasaran, but I personally rely on this one.


Harganya sekitar $80 untuk yang 100 ml, bisa dipake dalam waktu yang cukup lama karena untuk sekali pemakaian kita cuma butuh nuangin sekitar 1 ruas jari ke telapak tangan.
Info tentang si clarins ini gue dapet dari temen gue yang pramugari. Jadi seniornya di SQ make produk ini dari pertama kali dia tau kalo dia hamil, dan hasilnya... not a single scratch! Mulus, lus, lusssssss, kayak belom pernah hamil! Temen gue yang udah jadi saksi matanya... heuhuehuehue.
Kuncinya memang disini, jangan tunggu sampe perut kita gede kalo kita menginginkan hasil yang maksimal.
Begitu test menunjukkan tanda positif, jangan tunggu lagi dan mulai pake si clarins ini, malem itu juga! Huehuehuehue...
Ow ya one more thing, perut akan terasa gatel as it gets bigger and bigger. Hindarin menggaruknya langsung kalo nggak mau nyesel (gue udah liat buktinya).. perut yang sering digaruk bakal punya banyak bekas luka, dan betenya kita bakal sangat tertipu dan santai2 aja menggaruk karena bekas lukanya bakal baru keliatan setelah dedek bayi-nya keluar.. huhuhu...

- Last but not least, tentang pregnancy bible.


This book is a saviour!

Akan ada jutaan pertanyaan yang muncul di kepala kita selama kehamilan, dan buku bestseller ini udah tau pertanyaan2 macam apa yang akan dilontarkan oleh seseorang yang baru pertama kali hamil. Lengkap banget!
Bahkan kita akan menemukan jawaban untuk pertanyaan2 yang kedengeran agak konyol :).
Bahasa yang digunakan ringan, lumayan humoris, dan para authorsnya jarang menggunakan istilah2 medical jadi sangat gampang dimengerti. And if you noticed, this is the book that Phoebe Buffay held in her hand in her pregnancy scenes... Hehehehe ;)
In my opinion, it's definitely a must-have book for every pregnant woman. As you read it through, you'll realize you have nothing left to ask to the doctor! ;)

7 comments:

Fakhrur said...

you're right, i only manage to read a few first lines.. :D

i'll try to read again if someday my wife (whoever she'd might be) will become one

INdah.pUspita said...

ini link jangan ampe ilang.. kalo gw hamil ntar mo dibacaaa lagi.. :P wekekeke

Mrs. Febriajie said...

@ Rurski : Told ya! Hihihi.. Nice try though ;p

@ Ndah : Ya.. ya.. silahkan.. semoga membantu ya :)

melur said...

sayangkuuu kalo aku disuruh nulis artikel tentang khamilan ato baby2 aku boleh nanya kamu yaaa?

take care there! mwah*

Mrs. Febriajie said...

hahaha.. siiiippp2 darling.... missing you...

irmaniz said...

Hai hai Mrs. Febriajie..
salam kenal ya :)

saya baru hamil 5 minggu neh, jurnalnya membantu banget..
makasih ya..

oia, btw, beli CARLINS dimana seh?
hehehehe

irmaniz said...

oia lupa, saya pasang link blog mu di blog saya yah.. :)
tengkyu..